Senin, 13 Mei 2013

Gerakan Senam Aerobik Inti dan Pemanasannnya

Kedua hal ini merupakan kedua bagiana yang tentunya tidak dapat ditinggalkan. Seperti halnya jenis senam lain, jenis senam ini pun sebenarnya terdiri dari pemanasan, gerakan inti dan juga pendinginan. Ketiga hal ini dilakukan tentunya untuk mencapai tujuan dari dilakukan senam aerobik.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gerakan senam aerobik inti dan pemanasannnya, senam aerobik itu sendiri merupakan salah satu olahraga senam yang menggunakan musik sebagai media dengan gerakan-gerakan tertentu mengikuti irama dari musik tersebut. meskipun diikuti dengan irama musik, senam aerobik bukan menjadi hal yang sulit untuk anda lakukan.


pada dasarnya baik gerakan-gerakan itu merupakan rangkaian atau dapat dikatakan satu paket gerakan senam aerobik. Gerakan pemanasan sendiri dilakukan di awal ketika anda akan memulai senam. Gerakan pemanasan dalam senam aerobik memungkinkan terjadinya transisi atau perubahan dari kondisi tubuh yang normal atau dalam kondisi santai menuju ke kegiatan yang intens. Perubahan ini akan mempengaruhi denyut jantung, sirkulasi darah menuju otot dan juga nafas yang intens.

Gerakan pamanasan dalam senam aerobik biasanya dilakukan dengan gerakan jalan di tempat, melangkah dari satu sisi ke sisi lain dan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang atau lebih tinggi. Pada pemanasan, sebaiknya anda meregangkan setiap kelompok otot utama ssehingga anda akan terhindar dari cidera. Anda dapat melakukan gerakan pemanasan dalam senam aerobik setidaknya dalam waktu 5 hingga 10 menit dan baru kemudian dapat anda lanjutkan ke gerakan inti senam aerobik.

Berbeda halnya dengan gerakan pemanasan, gerakan inti dalam senam aerobik lebih difokuskan dalam meningkatkan denyut jantung. Oleh karena itu, pada gerakan inti, kecepatan dan juga intensitas gerakan lebih ditingkatkan. Kebanyakan dari gerakan yang dilakukan adalah gerakan bolak-balik dengan intensitas yang cukup tinggi. Sebagai alternative pilihan gerakan inti senam aerobik yaitu gerakan melompat-lompat, mengangkat berat dari tubuh untuk meningkatkan kekuatan otot. Namun, dalam melakukan gerakan inti senam ini, anda juga dapat menentukan gerakan yang tepat, usahakan intensitas dari gerakan tersebut adalah kenaikan pada sesi awal, puncak dan kemudian secara perlahan menurun. Pada tahap gerakan inti ini dapat anda lakukan setidaknya 15 hingga 25 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar